RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 09 Februari 2013

Tips Sukses UAN 2013

Sebagai siswa SMP kelas IX, kita harus menghadapi Ujian Akhir Nasional yang akan diadakan tahun depan. Karena itu juga, kami… Memberikan beberapa tips dan saran untuk menghadapi UAN SMP 2013, Check this out !

 1. Membaca artikel ini
 Dengan membaca artikel ini, kamu mungkin akan terbantu dalam menghadapi Ujian Nasional nantinya. Ini memang sedikit dari banyak tips-tips lain dalam menghadapi Ujian Nasional Sedikit dari aku, moga bermanfaat ;)

 2. Memahami minimal 60% materi pelajaran
 Memahami mata pelajaran yang akan diujikan adalah satu hal yang penting, karena itu usahakan kalian bisa menerima pelajaran dengan maksimal. Perbanyak latihan soal dari buku-buku pengayaan, lalu bila ada kesulitan tanyakan pada teman atau guru mata pelajaran ;)

 3. Ikutilah Lembaga bimbingan belajar atau Les Privat
 Dengan mengikuti lembaga bimbingan belajar atau les privat, kamu akan bertemu dengan tentor-tentor ataupun guru-guru bimbingan/les yang akan mengajari kamu tentang pelajaran-pelajaran yang akan diujikan, sehingga lebih mudah untuk mendiskusikan hal yang kamu rasa sulit :)


 4. Siapkan Fisik Kamu, usahakan selalu sehat
 Perubahan cuaca merupakan salah satu hal yang menyebabkan berbagai macam penyakit, karena itu minimal H-30 UAN kamu harus menjaga kesehatan kamu. Jaga pola makan, banyak beristirahat, olahraga ringan, serta minum vitamin untuk daya tahan. Karena ketika ujian pasti memerlukan konsentrasi untuk mengerjakan soal, so… Be healhty ! ^^

 5. Usahakan Tenang
Mencari ketenangan dalam diri setiap orang memang berbeda. Tapi usahakan kamu tenang dalam menghadapi Ujian nanti karena ketenangan adalah salah satu kunci kesuksesan dalam UAN. Dan juga hindari perasaan takut, cemas, nervous, galau, dan berbagai macam hal yang bisa menggangu ketenangan kamu dalam belajar..

 6. Siapkan seluruh perlengkapan Ujian dari jauh-jauh hari
 Biarpun menyiapkan perlengkapan dari jauh-jauh hari tidak terlalu berpengaruh besar.Tapi,masa ketika kamu sudah belajar, menjaga kesehatan dan mendapat ketenangan malah lupa bawa pensil 2b, gak lucu kan ? -_- Jadi lebih baik kamu buat list deh, tentang apa aja yang harus kamu bawa ketika Ujian (tentunya bukan contekan). Kira-kira inilah beberapa barang yang harus kamu bawa ketika memasuki ruang Ujian :
 - Gunakan pensil dengan grade kehitaman 2B dan yang telah lulus OMR (Optical Mark Reader) tes.
 - Gunakan pensil yang mempunyai diamater inti pensil paling besar, sehingga membuat pensil lebih kokoh dan tidak mudah patah.
 - Pilih pensil dengan inti pensil yang lembut sehingga tidak akan merusak permukaan kertas.
 - Gunakan penghapus khusus EBTA dan SPMB karena penghapus ini diformulasikan khusus untuk kertas LJK
– Penghapus ini sangat lembut dan tidak meninggalkan debu sehingga tidak akan merusak kertas dan juga tidak mengganggu proses koreksi/scanning.
 - Rautan dengan mata pisau yang tajam - Penggaris EBTA dan SPMB, untuk mempermudah ketika menyilang dan melingkari jawaban agar hasilnya lebih rapi.
 - Bawalah papan alas agar lembar jawaban tetap rapi dan menghindari kertas jawaban sobek akibat permukaan meja yang tidak rata.
 - Pilihlah papan alas yang rata, tidak mudah melengkung, dan licin. Dianjurkan menggunakan acrylic untuk hasil yang maksimal.

 7. Mintalah Doa dari Orangtua, dan Guru
 Ini juga yang sangat penting dalam menghadapi Ujian Nasional yakni doa dari orang-orang yang sangat dekat dengan kamu yakni kedua orangtua, dan orang yang memberikan ilmu yakni Guru.
 - Minta maaflah kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional
- Mintalah Doa restu kepada kedua orangtua dan guru sebelum Ujian Nasional, terutama doa ibu!
 - Salimlah kepada kedua orangtua dan guru ketika berangkat saat akan berangkat menuju sekolah saat Ujian Nasional So, doa juga berperan dalam kelulusan kamu ;)

 8. Percaya Diri
 Percaya diri kamu sendiri, dengan percaya diri kamu bisa menghindari hasutan-hasutan yang ada di lingkungan sekitar. Kalau kamu sudah menguasai materi, ngapain kamu harus tidak percaya diri. Beberapa orang yang dalam proses KBM nilainya bagus, namun saat Ujian Nasional tidak Percaya Diri, hasilnya pun jeblok.

Sumber Artikel : http://happy6teens.wordpress.com/2012/12/11/tips-tips-sukses-uan-smp-2013/

0 komentar:

Posting Komentar

Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources