RSS
Facebook
Twitter

Minggu, 03 Februari 2013

Cara Menghemat Baterai Android

Tablet, smartphone yang menggunakan OS Android bisa dipastikan boros baterai, dan bahkan sempat saya kebingungan mencari cara menghemat baterai Android beberapa bulan yang lalu. Hampir berbagai aplikasi a.k.a apps penghemat baterai yang disediakan di Google Play sudah saya coba, tapi tidak satupun yang bagus menurut saya. Sekedar informasi saja, jika smartphone yang saya gunakan pada saat ini adalah Sony Xperia Go, yang sudah saya upgrade ke ICS 4.0 (Ice Cream Sandwich), meskipun saya masih menunggu update terbaru dari situs resmi Sony Mobile, yaitu Jelly Bean. Coba bayangkan, setiap hari saya harus mengisi ulang baterai smartphone saya, sedangkan kebutuhan komunikasi saya cukup tinggi, mulai dari terima – kirim email, whatsapp, dll. Dan bahkan saya sampai rela tidak menginstall smartphone android saya dengan game favorit, hehe.


Oke, lalu bagaimana cara menghemat baterai android ? Yah, meskipun tidak terlalu hemat, tapi setidaknya saya menemukan beberapa tips untuk mengemat baterai android yang saya baca di berbagai forum, sbb:
* Matikan autosync dan pilih sesuai kebutuhan kita (Setting > Account & Sync).
 * Kurangi tingkat kecerahan layar (Setting > Display > Brightness)
 * Percepat waktu Sleep ke 15 detik (Setting > Display > Sleep)
 * Matikan GPS, dan gunakan jika perlu (Setting > Location & Services)
 * Non-aktifkan animasi (Setting > Developer Options > Window Animation Scale)
 * Gunakan mode standby, yaitu koneksi internet secara otomatis disconnect jika layar smartphone android kita mati (Setting > Power Management)
 * Hanya install aplikasi social networks atau apps yang seperlunya saja, misalnya Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, Foursquare, supaya lebih hemat baterai.
* Gunakan wallpaper gambar, dan jangan menggunakan live wallpaper, karena itu juga membuat baterai boros. Sumber Artikel : http://satriyo.org/2012/12/cara-menghemat-baterai-android/

0 komentar:

Posting Komentar

Design Downloaded from Free Website Templates Download | Free Textures | Web Design Resources